Bawaslu Tanjungpinang Blusukan ke Sekretariat OKP, Ajak Sukseskan Pemilu 2024
Bawaslu di sekretariat Gerakan Pemuda Ansor Kota Tanjungpinang yang disambut hangat serta kesediaan untuk menyukseskan Pilkada 2024. Foto - istimewa

SUARATEMPATAN.COM – Bawaslu Kota Tanjungpinang mengadakan kunjungan ke berbagai Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) untuk mengajak menyuskseskan Pemilu 2024.

Kunjungan ini diantaranya dilakukan ke kantor KNPI, GP Ansor NU, Perpat, Karang Taruna, Pemuda Pancasila, GPII.

Ketua Bawaslu Tanjungpinang, Muhammad Zaini mengatakan kunjungannya didampingi anggota sebagai media menyatukan hati dan pemikiran.

“Pemuda memiliki potensi untuk membangun kebersamaan dan persatuan dalam mengawal pesta demokrasi ke depan,” ujarnya di Tanjungpinang, Rabu (24/11/2021).

Blusukan ini sudah dimulai sejak 15 November lalu. Hingga Rabu, pihaknya sudah bertemu dengan pengurus dan anggota KNPI (Komite Nasional Pemuda Indonesia), Gerakan Pemuda Ansor NU (Nahdhatul Ulama), Pemuda Muhammadiyah, Karang Taruna, Pemuda Pancasila, PERPAT (Persaudaraan Pemuda Tempatan), GPII (Gerakan Pemuda Islam Indonesia).

Anggota Bawaslu Tanjungpinang, Maryamah menuturkan keberhasilan pesta demokrasi ada peran semua pihak. Dan hal ini tak bisa dilepaskan dari partisipasi para pemuda. Dan mereka memiliki wadah-wadah sendiri yaitu OKP.

Sementara Novira Damayanti, rekan satu kerja Maryamah setelah bertemu OKP, Bawaslu akan mengundang semua OKP dalam satu forum bersama untuk sharing.

“Intinya kami mengajak para pemuda merajut kebersamaan dan persatuan dalam menyukseskan Pemilu serentak,” ujarnya.

Sejumlah pengurus organisasi mengatakan menerima dengan senang hati ajakan Bawaslu untuk menyukseskan Pemilu 2024.

Ketua Pimpinan Cabang GP Ansor Tanjungpinang, Zainurrahman mengaku ia dan teman-temannya siap berinergi.

“Mungkin dengan membangun pengawasan partisipatif, menyampaikan sosialisasi kepada kader GP Ansor dan masyarakat, serta gerak bersama mengawal pesta demokrasi,” ujarnya.

Selanjutnya lelaki yang disapa Kyai Zainur ini juga mengingatkan, silaturahmi seperti yang dilakukan Bawaslu adal hal baik.

Terima kasih juga disampaikan Sekretaris Umum Perpat Tanjungpinang, Zulfikar. Pihaknya merasa senang jika dilibatkan dalam beberapa program Bawaslu.

“Kami berterima kasih dan mengapresiasi kunjungan Bawaslu dalam nuansa santai dan kekeluargaan, serta melibatkan kami untuk beberapa agenda ke depan, dalam bentuk pengawasan dan penyuluhan serta edukasi bagi masyarakat,” tuturnya saat dimintai keterangan.

Tanggapan positif juga keluar dari pengakuan Ketua Karang Taruna, Halim dan Ketua Pemuda Pancasila, Heri. OKP tempat mereka bernaung menyatakan siap membantu Bawaslu mengembangkan pendidikan politik dan memperkuat demokrasi. (zai)