Begini Bikin Laptop Awet Meski Dipakai Berlama-lama Setiap Hari
Foto - Pixabay

SUARATEMPATAN.COM – Corona sudah mengakibatkan sejumlah sektor memutuskan untuk dilakukan dari rumah. Itu artinya bekerja dari rumah, ada yang harus menggunakan laptop nonstop setiap hari.

Tetapi yang harus kalian sadari, laptop juga butuh istirahat dan penanganan khusus agar awet.

Berikut ini adalah sejumlah hal yang bisa kalian lakukan dan tidak pada laptop yang dipakai seharian untuk pekerjaan.

Hindari Kasur : maksudnya jangan taruh laptop kalian berlama-lama di atas kasur. Memang enak posisinya bagi kalian, namun itu siksaan bagi laptop. Jika dilakukan sirkulasi udara di dalam laptop terhambat, membuatnya terlalu panas lalu rusak.

Istirahatkan Sejenak : caranya gampang, saat permukaan atau casingnya terasa sakit di kulit karena panas, itu tandanya laptopmu sudah kepanasan. Butuh obat penurun panas berupa istirahatkan sejenak. Makanya bagus kalau kalian main laptop di ruangan berpendingan biar lebih awet.

Bersihkan Debu : sekilas penampilan laptop kalian terasa bersih karena debu yang menempal memang tidak terlihat. Jika dibiarkan terlalu lama akan menebal dan sulit untuk dibersihkan.

Jangan Langsung Tutup : kebiasaan salah namun sering dilakukan ialah menutup segera laptop setelah dimatikan. Padahal masih ada udara panas yang belum semuanya keluar. Jika ini dilakukan terus, akan mengurangi kinerja LCD – latop kalian.

Jangan Nunggu Baterei Habis ; terlalu sering membiarkan baterai laptop sampai benar-benar habis baru dicharge hanya akan memperpendek usia baterai. Kalian harus mempertimbangkan bahwa liistrik bisa saja mati, karena perbaikan atau sebagainya. Bila baterei laptop kosong, pekerjaan pun terhambat.

Semoga membantu kalian yang saat ini WFH dengan piranti laptop. (zai)