Hari Ini Pilkades Serentak 3 Desa di Bintan
Pencopotan Alat Peraga Kampanye (APK) di masa tenang menjelang Pilkades Desa Malang Rapat, Kecamatan Kecematan Gunung Kijang oleh panitia Pilkades dengan pengamanan dari Polri, TNI dan Satpol PP. . Foto - istimewa/polres bintan

SUARATEMPATAN.COM – Polres Bintan mengadakan patroli skala besar untuk menjamin berlangsungnya Pilkades serentak di Bintan. Patroli berlangsung Senin (22/11/2021) sementara Pilkades hari ini, Selasa (23/11/2021).

Kapolres Bintan AKBP Tidar Wulung Dahono SH SIK MH melalui Kabag Ops Polres Bintan AKP Monang P Silalahi SH menjelaskan bahwa patroli sekala besar ini untuk menciptakan situasi dan kondisi yang aman.

Kegiatan diawali dengan Apel Rayonisasi di Polres Bintan. Selanjutnya dilakukan patroli skala besar di rayon masing-masing. Patroli ini juga mencegah kecurangan yang mungkin dilakukan calon kepala desa.

Patroli melibatkan kendaraan roda empat dan sepeda motor. Kerumunan warga didatangi, diperiksa apakah ada miras, senjata atau narkoba.

Kebetulan saat ini Polres Bintan menyelenggarakan Operasi Zebra, jadi sekaligus memeriksa kelengkapan surat berkendara bagi warga.

“Semoga rekan-rekan di lapangan bisa menjadi contoh yang baik bagaimana berkendara,” tutur Monang.

Para personel yang diturunkan untuk patroli mengenakan masker sebagai bentuk mematuhi prokes.

Tempat lain yang juga didatangi ialah TPS Pilkades dan pengeceken tempat penyimpan surat suara. Pemeriksaan dilakukan juga terhadap anggota polisi yang ditugaskan menjaga Pilkades sampai rampung.

Tiga desa di Bintan yang warganya berpesta demokrasi hari ini adalah Desa Malang Rapat, Kecamatan Gunung Kijang; Desa Dendun, Kecamatan Mantang dan Desa Sebong Lagoi, Kecamatan Teluk Sebong.

Pengamanan Kampanye dan Masa Tenang

Sebelum patroli skala besar, polisi juga melakukan pengamanan di tahapan lain Pilkades. Cotohnya saat masa tenang.

Personel Polsek Gunung Kijang melaksanakan pengamanan menjelang Pilkades Desa Malang Rapat. Kapolres Bintan AKBP Tidar Wulung Dahono melalui Kapolsek Gunung Kijang Iptu Melki Sihombing mengatakan masa tenang berlangsung 18 sampai 22 November 2021.

Saat pengamanan, petugas mengamankan penertiban APK (Alat Peraga Kampanye) seperti spanduk, pamflet dan alat peraga lainnya. Petugas Polri tak diperkenankan menyentuh APK, namun mengamankan.

Penertiban dilakukan oleh Panitia Pilkades. Selain dilakukan Polri, pengamanan juga dibantu unsur TNI yaitu Babhinsa dan Satpol PP Kabupaten Bintan.

Hal yang sama juga terjadi di Desa Dendun. Saat pelaksanaan kampanye, Polsek Bintan bertugas sampai malam.

“Selama 3 hari berturut-turut personel Polsek Bintan Timur melaksanakan Pengamanan dalam rangka Pemilihan Kepala Desa Dendun Kecamatan Mantang Kabupaten Bintan,” ujar Kapolres Bintan AKBP Tidar Wulung Dahono melalui Kapolsek Bintan Timur Akp Ulil Rahim, Rabu (17/11/2021).

Sebagai penanggung jawab kegiatan adalah Ketua Pilkades, Amirudin SIP di bawah pengawasan BPD Desa Dendun. Ada 9 personel Polsek Bintan Timur yang diterjunkan.

Selain door to door, kampanye dilakukan dengan cara kekinian, yakni melalui Live Streaming Facebook Dendun Gemilang. (ins)