JANGAN LUPA, Pendaftaran CPNS dan PPPK Dibuka Hari ini!
Foto - Istimewa

SUARATEMPATAN.COM – Kabar gembira bagi kalian yang sudah menunggu pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS), Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja Guru dan Nonguru. Hari ini Pemerintah membuka pendaftaran, 30 Juni 2021.

Dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (29/6/2021), Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian, Badan Kepegawaian Negara (BKN) Suharmen mengatakan, Hari ini adalah pengumuman sekaligus pembukaan pendaftaran. Ia mempersilakan masyarakat yang berminat mengikuti persyaratan yang telah ditentukan.

Pemerintah membutuhkan 1.275.384 formasi, dengan rincian 83.669 untuk kebutuhan pemerintah pusat dan 1.191.718 formasi untuk pemerintah daerah. Kebutuhan untuk Pemda adalah guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sebanyak 1.002.616 formasi dan PPPK non guru 70.008 formasi serta CPNS 119.094 formasi.

Menurut Suharmen, mengingat formasi yang dibuka sangat besar maka diperkirakan pendaftar akan mencapai 5 jutaan.

Pendaftaran CPNS dan PPPK pada tahun 2021 ini menggunakan satu portal yaitu Sistem Seleksi Calon ASN atau SSCASN. Di sini, dibagi menjadi tiga kategori pendaftaran yaitu aparatur sipil negara (ASN), yakni CPNS, sekolah kedinasan, dan PPPK.

SSCASN sendiri menurut Kepala BKN Bima Haria Wibisana dipastikan mempermudah calon peserta dalam melakukan proses daftar CPNS 2021. Bahkan calon peserta tak perlu lagi mengunggah dokumen seperti ijazah, Surat Tanda Registrasi (STR), serta Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) saat melakukan pendaftaran.

Hal ini karena portal SSCASN akan terintegrasi dengan data NIK di Dukcapil, data Dapodik Kemdikbud, data STR di Kementerian Kesehatan, dan akses data ijazah serta akreditasi Perguruan Tinggi di Kementerian Ristekdikti. (zai/red)