Mantan Presiden SBY Ucapkan Terima Kasih Tak Terhingga ke Presiden Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin
Dari sebuah rumah sakit di Amerika Serikat, mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengucapkan terima kasih untuk Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin serta semua orang yang mendoakannya. Foto - instagram/@aniyudhoyono

SUARATEMPATAN.COM – Mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) baru saja menjalani operasi pengobatan kanker prostat di Amerika Serikat (AS).

Melalui video singkat yang diunggahnya di Instagram @aniyudhoyono, SBY mengucapkan terima kasih tak terhingga kepada Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Dilihat dari Instagram tersebut, Selasa (23/11/2021) ia menyampaikan kedua orang yang disebutkannya tadi banyak membantu dirinya untuk menjalani pengobatan kanker prostat.

SBY mengucapkan rasa terima kasihnya sebagai berikut, “Secara khusus saya menyampaikan ucapan terima kasih yang tidak terhingga kepada Bapak Presiden Jokowi dan Bapak Wakil Presiden Ma’ruf Amin atas kepedulian, perhatian, dan bantuannya untuk kelancaran pengobatan saya di Amerika Serikat,”

Selain kepada Presiden Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin, SBY juga mengucapkan hal serupa kepada semua orang yang sudah mendoakan dirinya. SBY pun mendoakan mereka diberi kesehatan dan terhindar dari kanker seperti yang dialaminya.

Saat ini tengah menjalani masa pemulihan setelah operasi di Rochester yang berlangsung 11 hari silam.

Saat membuat video ini, SBY mengenakan kemeja panjang biru dan duduk di kursi merah. Di belakangnya terpampang pelang papan nama bertuliskan Mayo Clinic Heritage Hall.

Apakah Itu Kanker Prostat

Melansir hellosehat.com, kanker prostat (prostate cancer) adalah pertumbuhan sel yang abnormal dan tidak terkontrol di kelenjar prostat.

Kelenjar prostat adalah salah satu bagian organ reproduksi yang dimiliki oleh pria. Organ ini berfungsi untuk memproduksi cairan yang melindungi dan mengangkut sperma.

Prostat terletak di bawah kandung kemih dan mengelilingi uretra atau saluran kencing. Ukurannya bervariasi seiring dengan bertambahnya usia.

Pada pria muda, ukurannya seperti kacang kenari, tetapi bisa bertambah besar ketika memasuki usia dewasa.

Umumnya, sel kanker muncul pertama kali di sel-sel bagian luar kelenjar prostat. Pertumbuhannya cenderung sangat lambat dan tidak berpotensi menyebar.

Namun, pada beberapa kasus, sel kanker dapat berkembang dengan cepat dan menjalar ke bagian tubuh lain.

Apabila terdeteksi sedini mungkin dan masih tergolong di stadium kanker prostat awal, peluang keberhasilan pengobatan akan lebih besar.

Sementara dari klikdokter.com, dituliskan gejala kanker prostat umumnya tak bergejala. Bila terdapat gejala, hal ini yang biasanya dialami:

  • Sering buang air kecil, terutama di malam hari
  • Sulit untuk menahan buang air kecil
  • Ada darah di air seni
  • Nyeri saat buang air kecil atau saat ejakulasi

Pada stadium lanjut, kanker prostat sangat sering menjalar (bermetastasis) ke tulang sehingga menimbulkan rasa nyeri hebat di tulang belakang, tulang panggul, atau di pangkal paha. (ins)