Nelayan Karimun Terima Bantuan Kapal dan BPJS Ketenagakerjaan
Nelayan penerima bantuan kapal dan kartu BPJS Ketenagakerjaan mendengarkan petuah bijak dari Bupati Karimun, Aunur Rafiq. Foto - istimewa

SUARATEMPATAN.COM – Bupati Karimun, Aunur Rafiq menyerahkan bantuan kapal dan kartu peserta BPJS kepada sejumlah nelayan, Selasa (23/11/2021).

Terdapat lima kapal yang diperbantukan, yakni kepada Koperasi NB3, KUB Nelayan Terpadu Teluk Lekup, KUB Nelayan Agogo, KUB Nelayan Terpadu Pelambung, dan Pokdakan Sumber Rezeki.

“Ini merupakan program Pemda yang diajukan oleh kelompok-kelompok nelayan dan dikelola oleh Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Karimun,” ujar Aunur kepada media.

Duit untuk membeli kapal bersumber dari dana Dana Alokasi Khusus (DAK). Bupati berharap bantuan bisa digunakan untuk meningkatkan penghasilan keluarga para nelayan.

Sementara terkait kartu BPJS Ketenagakerjaan, Rafiq mengatakan hingga kini ada 1.500-an nelayan sudah diikutsertakan dalam program BPJS Ketenagakerjaan.

“Kepada yang belum mendapatkan bantuan, mohon bersabar. Pemerintah senantiasa berupa memikirkan yang lain juga,” pesan Rafiq.

Seorang nelayan yang mendapatkan bantuan kapal, Zulnaidi, berharap Pemrintah Daerah semakin gencar memperhatikan kondisi para nelayan.

Bantuan seperti ini dinilainya sangat penting. Sebab kapal menjadi peralatan utama untuk mencari ikan. Jika tak ada, mungkin nelayan belum tentu bisa membelinya di tengah kondisi seperti ini.

Ia pun berdoa agar bantuan serupa bisa terus dilakukan Pemkab Karimun untuk nelayan yang kali ini belum menerima. ***