Ongkos Jakarta – Bali Pakai Mobil Listrik Cuma Rp200 Ribu
Foto - Kementrian bumn

SUARATEMPATAN.COM – Menteri BUMN Erick Thohir, mengatakan dalam keterangan resminya, Sabtu (2/1/2021) bahwa ongkos perjalanan menggunakan mobil listrik dari Jakarta ke Bali sangat murah.

Hal tersebut dikatakannya usai melakukan uji coba mobil listrik dan pengecekan fasilitas SPKLU di Denpasar, Bali.

Membandingkan, menurut Erick, perjalanan darat menggunakan mobil konvensional menghabiskan ongkos Rp1,1 juta. Itu hanya untuk keperluan membeli bahan bakar minyak (BBM).

Sementara dengan menggunakan mobil listrik, ongkos yang dikeluarkan untuk mengisi bahan bakar di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dari Jakarta-Bali hanya menghabiskan Rp 200 ribu.

Dituliskan dalam keterangannya, hari itu Erick mencoba mobil listrik sambil mengecek kesiapan stasiun pengisian kendaraan listrik (charging station) di Bali.

Mobil yang dikendarai Menteri BUMN sebelumnya sudah diujicoba oleh tim PLN dari Jakarta ke Bali. Hal ini, kata Erick sangat menghemat terutama kala pandemi Covid-19.

Dengan kenyataan saat ini Indonesia masih mengimpor 1,5 juta barel per hari untuk BBM atau setara 200 triliun per tahun. mobil listrik adalah solusinya.

Selain itu mobil listrik mengurangi polusi udara dan lebih ramah lingkungan.

PT PLN (Persero) sendiri menargetkan membangun 2.400 SPKLU hingga 2025. (Jay)