Pemprov Kepri Usulkan Pelantikan Bupati Bintan dan Anambas Terpilih 18 Februari 2021
Sekda Provinsi Kepri, H TS Arif Fadillah menerima vaksin Covid-19 tahap I dosis kedua di Gedung Daerah, Tanjungpinang. Foto - instagram/diskominfo.kepri

SUARATEMPATAN.COM – Jika tak ada perubahan jadwal, pasangan Bupati Bintan dan Anambas hasil Pilkada 9 Desember 2020 bakal dilantik 18 Februari 2021.

Terkait hal itu, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau sudah mengusulkannya ke Kemendagri.

Dijelaskan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepri, TS Arif Fadillah, jebatan kedua pasangan bupati-wabup di dua kabupaten tersebut berakhir 17 Februari 2021.

Sebelum masa jabatannya berakhir, Pemprov Kepri sudah mengusulkannya sehingga kepala daerah terpilih bisa dilantik tepat waktu.

“Insya Allah SK-nya (surat keputusan) keluar sebelum tanggal 17 ini,” ungkapnya di Aula Wan Sri Beni, Komplek Perkantoran Gubernur Kepri, Pulau Dompak, Selasa (9/2/2021).

Dimintai keterangan soal pasangan bupati-wabup lainnya di Kepri, Arif mengatakan hasil Pilkada Lingga masih diproses di Mahkamah Konstitusi (MK).

Demikian juga dengan hasil Pilkada Kota Batam dan Karimun hingga saat ini juga masih proses sidang sengketa Pilkada di MK.

Jika masa jabatan kepala daerahnya berakhir sedangkan hasil sengketa belum diputuskan MK, maka akan ditunjuk Plh kepala daerah sampai ditetapkan pemenang Pilkada masing-masing daerah.

Sedangkan untuk Kabupaten Natuna, Arif meminta segera diparipurnakan lalu diusulkan ke provinsi. (fut)