Pilkada Sehat, Syamsul Teken Edaran Sejuta Masker

Batam (suaratempatan.com) – Menyongsong pelaksanaan pilkada sehat, Pejabat sementara (Pjs) Walikota Batam Syamsul Bahrum menerbitkan Surat Edaran Nomor 05 tahun 2020 tentang Gerakan Sejuta Masker mendukung Pilkada Sehat.

Surat ini menindaklanjuti Rapat Koordinasi Aksi Gerakan Sejuta Masker oleh Pjs Gubernur Kepulauan Riau Bahtiar Baharuddin bersama para Bupati dan Walikota se-Kepri, Kamis (2/10/20) lalu.

Syamsul menyebutkan, Gerakan Sejuta Masker merupakan salah satu langkah strategis dalam menyukseskan pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020 di tengah pandemi.

“Gerakan ini dapat menjadi sarana edukasi untuk melindungi masyarakat di masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) guna menghindari penularan Covid-19,” kata Syamsul, Rabu (21/10).

Ia mengatakan, untuk mewujudkan gerakan ini, ia berharap kerjasama seluruh pihak melalui peran serta dan sumbangsihnya dalam upaya penanganan Covid-19 di Kota Batam.

“Tetap senantiasa peka dan disiplin dalam mematuhi Protokol Kesehatan Covid-19 sebagaimana Peraturan Walikota Batam Nomor 49 Tahun 2020 Tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19,” kata dia.

Seperti yang kerap disosialisasikan, protokol kesehatan di antaranya memakai masker, mencuci tangan secara teratur menggunakan sabun dengan air mengalir, menjaga jarak dan menghindari kerumunan serta menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Termasuk terus menjaga imunitas tubuh dengan rutin berolahraga.

“Dengan kesadaran kolektif menjalankan protokol kesehatan, saya yakin pandemi ini akan segera teratasi,” ujar dia. (st/r)