Suara Tempatan

Beda dan Terpercaya

Sejahterakan Peternak Ayam, Peternak Ayam Bintan Membentuk Organisasi

2 min read
BINTAN, Bertempat di aula kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Bintan, Rabu 23 September 2020, atas fasilitasi dari DKPP Bintan peternak ayam membentuk organisasi.

Menurut Khairul, Kadis DKPP Bintan, selama ini di Kabupaten Bintan belum ada organisasi khusus peternak ayam yang penghimpun peternak, baik ternak ayam potong, ayam petelur dan ayam kampung di tingkat kabupaten Bintan. Padahal daging ayam dan telur ayam adalah kebutuhan pangan pokok (komoditas sembako) yang sangat dibutuhkan masyarakat. Bahkan harga daging ayam dan telur ayam dapat menyumbang inflasi didaerah.

Di tempat yang sama, drh. Iwan Berri Prima, kepala seksi kesehatan hewan DKPP Bintan juga menyampaikan bahwa organisasi peternak juga menjadi penjembatan antara pemerintah daerah dengan peternak dalam menyelesaikan permasalahan peternak ayam seperti masalah penyakit dan masalah hoax tentang daging dan telur ayam. Oleh sebab itu, adanya bantuan data dan informasi dari organisasi peternak ayam tingkat kabupaten Bintan sangat membantu program kerja pemerintah daerah.

“Dalam musyawarah yang dipimpin langsung oleh kadis DKPP Bintan disepakati nama organisasi yang dibentuk adalah Himpunan Peternak Ayam Kabupaten Bintan,” terangnya.

Mengingat organisasi ini adalah organisasi perintis, maka terpilih sebagai ketua carateker adalah Wawan Dika S.I.Kom dan wakil ketua I: Desmon dan wakil ketua II: Basuki.

Untuk memperkuat organisasi, dipilih Sekretaris umum: Kuswantara (amm) dan Bendahara umum: Yunita. Sedangkan untuk meningkatkan peran dan fungsi organisasi yang lebih berdaya, ditunjuk koordinator bidang ayam broiler: Suparman, Koordinator bidang ayam petelur: Diki Junaidi dan koordinator ayam kampung: Agus. Sedangkan untuk seksi Advokasi dan legal dipercayakan kepada Aspan. Adapun Untuk pengurus seksi yang lain, akan segera ditetapkan oleh ketua terpilih.

Dalam waktu dekat diharapkan organisasi ini akan dikukuhkan. Ungkap Khairul kadis DKPP Bintan. (ST)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: