Sekitar 5.000 KIA yang sudah diterbitkan di Batam, Ini Cara dan Syarat Mengurus KIA.

BATAM, SUARATEMPATAN.COM – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Batam Said Khaidar mengatakan, sejak diterbitkan aturan KIA beberapa tahun lalu, saat ini baru sekitar 5.000 KIA yang sudah diterbitkan di Batam.

“Sekarang kita konsentrasi di tingkat kecamatan. Kita minta agar seluruh anak-anak yang masih atau masuk TK diterbitkan semua,” katanya, Sabtu (7/3/2020) siang.

Said meminta masyarakat untuk segera mengurus KIA bagi anak-anak mereka.

Ia menjelaskan, anak yang berhak mendapatkan KIA sesuai peraturan perundang-undangan adalah umur 0 tahun sampai 17 tahun kurang sehari.

“Agar terintegrasi data kependudukannya. Karena KIA itu juga adalah hak anak,” ujarnya.

Untuk penerbitan KIA, sama seperti penerbitan KTP dan KK yakni gratis alias tanpa dipungut biaya.

Untuk mengurus KIA caranya sangat gampang.

Cukup menyiapkan fotokopi KK, fotokopi akta kelahiran anak, fotokopi e KTP suami dan isteri, fotokopi akta nikah dan foto anak dari ponsel.

Said menjelaskan, beberapa dasar hukum untuk menerbitkan KIA adalah Undang-undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Undang-undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan, sebagaimanan telah diubah dengan Undang-undang Nomor 24 tahun 2013, dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 2 tahun 2016 tentang Kartu Identitas Anak. (ST)

Sumber : Tribun.id/Leo Halawa