Sisihkan Ribuan Peserta, Siswa MAN Insan Cendekia Kota Batam kembali Torehkan Prestasi di Kancah Nasional
MAN IC Batam raih juara II Olimpiade APBN 2021. F-Ist (Kemenag).

SUARATEMPATAN.COM – Siswa MAN Insan Cendekia Kota Batam kembali torehkan prestasi di kancah nasional. Terbaru, tiga siswa yang tergabung dalam Tim Convertics yaitu M. Wafiq Fadillah, Dwi Erina Athaillah, dan Haykal Sulthan Hakeem  berhasil meraih juara 2  Olimpiade APBN 2021 Tingkat Nasional. Ajang ini diselenggarakan oleh Kementerian Keuangan RI bekerjasama dengan PKN STAN.

Babak final yang berlangsung Jum’at (22/10/2021) bertempat di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan RI, diikuti empat tim terbaik. Mereka adalah MAN Insan Cendekia Kota Batam, SMAN 1 Sleman, SMAN 1 Pontianak, dan SMKS Sidratul Muntaha Wamena.

Pada babak final, siswa harus menjawab soal yang terbagi dalam empat babak, yaitu: Budjet Analisis, soal cerdas cermat, soal rebutan, dan terakhir soal tematik. Keluar sebagai juara pertama SMAN 1 Sleman, disusul MAN IC Batam di peringkat kedua, SMAN 1 Pontianak di urutan ketiga dan posisi keempat SMKS Sidratul Muntaha Wamena. Atas prestasi tersebut, siswa MAN IC Batam berhak mendapat hadiah uang pembinaan senilai 18 juta rupiah.

Olimpiade APBN  merupakan sebuah kompetisi berskala nasional untuk pelajar dari SMA/MA/SMK/Sederajat atau Program Paket C yang ada di Indonesia. Olimpiade APBN 2021 menekankan pada pemahaman siswa tentang pengelolaan keuangan negara, mengenal APBN, perencanaan, penganggaran, penyusunan APBN, pelaksanaan APBN, pelaporan APBN, pembiayaan APBN,investasi pemerintah, Badan Layanan Umum (BLU), desentralisasi fiskal, monitoring dan evaluasi anggaran, nota keuangan negara, serta peran APBN dalam penanganan Covid-19.  Tahun ini, kegiatan tersebut diikuti 2072 tim dari  875 sekolah seluruh Indonesia.

Bagi MAN Insan Cendekia Kota Batam, ini merupakan kali ketiga mengikuti ajang Olimpiade APBN. Dua tahun sebelumnya, wakil madrasah ini hanya mampu finish di babak semifinal (final regional). Keberhasilan meraih juara tahun ini tentunya membawa nama harum madrasah di nasional. Setidaknya, menjadi perwakilan untuk seluruh madrasah di Indonesia di ajang tahunan tersebut.

Kepala MAN Insan Cendekia Kota Batam Rudianto, mengaku  bersyukur dan bangga atas prestasi yang ditorehkan siswanya. Ia menegaskan bahwa pencapaian ini hasil kerja keras semua pihak, terutama siswa dan guru pembimbing.

“Alhamdulillah, selamat buat tim Olimpiade APBN 2021, tim Convertics  yang berhasil meraih juara 2 nasional. Kita perlu bersyukur apalagi MAN IC Batam menjadi perwakilan madrasah di babak puncak tahun ini. Mudah-mudahan keberhasilan ini bisa berlanjut di tahun-tahun berikutnya,” tuturnya.

Rudianto pun berterima kasih kepada semua pihak terkhusus untuk guru pembimbing dan siswa yang berjuang di Olimpiade APBN 2021. “Terimakasih kami ucapkan kepada orang tua, komite, guru pembimbing  Ust. Jupri Marsal, dan juga kepada siswa yg tergabung dalam Tim Olimpiade APBN MAN IC Batam atas prestasi yang dipersembahkan guna menaikkan nama baik dan citra Madrasah Mandiri Berprestasi,” ungkapnya.

“Semoga dengan prestasi ini membuka jalan untuk Ananda meraih prestasi prestasi selanjutnya dan menduduki PTN yang diidamkan serta tercapai cita cita yang digoreskan. Aamiin,” tegasnya.

Jupri Marsal selaku guru pembimbing tak henti-hentinya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak.  Ia berharap keberhasilan ini bisa memicu semangat siswa MAN IC Batam lainnya. “Terima kasih untuk semuanya. Semoga hasil ini bisa memotivasi siswa lainnya. Teruslah berusaha, karena semua bisa berprestasi jika terus mengasah kemampuan dan bertekad menjadi yang terbaik,” pungkasnya. (zai/nes)

(Agus Sopian/kemenag.go.id)