Webinar Hari Batik & Sumpah Pemuda, AHY: “Kita Harus Libatkan Milenial untuk Lestarikan Batik”

SUARATEMPATAN.COM – Jakarta: Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengungkapkan bahwa milenial memiliki peran penting dalam upaya melestarikan batik di Indonesia. Hal ini disampaikan saat menghadiri secara virtual Webinar Hari Batik dan Sumpah Pemuda Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) pada Selasa (13/10) pagi. Webinar ini mengambil tema “Milenial Tangguh, Lestari Batikku”.

“Milenial juga memiliki peran penting dalam upaya melestarikan batik. Tidak cukup melalui doktrin-doktrin saja, tapi mereka harus dilibatkan secara aktif. Contohnya, jadikan mereka sebagai desainer batik, karena ide dan kreativitas mereka biasanya di atas rata-rata dibandingkan generasi sebelumnya,” tutur Ketum AHY.

Lebih lanjut Ketum AHY berharap seluruh elemen bersama-sama melestarikan batik.

“Saya berharap agar kita bisa sama-sama melestarikan dan memotivasi pengusaha batik, minimal dengan cara membeli batik, tidak hanya sekadar promosi saja,” tambahnya.

Ketua Umum IPEMI, Ingrid Kansil dalam sambutannya menyampaikan bahwa kendala yang dihadapi IPEMI saat ini sebagian besar di bidang digitalisasi dikarenakan tuntutan zaman.

“Kendala ini sudah coba kami sampaikan juga ke beberapa kementerian dan instansi terkait agar bisa dicari solusinya secara bersama-sama,” ujar Ingrid.

Terkait kendala tersebut, Ketum AHY menyampaikan bahwa ini merupakan tugas bersama untuk menyelesaikannya. Melalui Partai Demokrat, Ketum AHY menyerukan agar kader-kader partai terutama yang berada di parlemen atau yang menjadi kepala daerah untuk memberikan ruang seluas-luasnya kepada pengusaha UMKM, khususnya batik dalam membantu meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi batik.

Ketum AHY hadir didampingi istri Annisa Pohan Yudhoyono, mengenakan batik nitik dari Yogyakarta.

Turut hadir pada acara webinar tersebut antara lain, Ir. Nurwahidah Saleh selaku Sekretaris Jenderal IPEMI, Sally Giovanny sebagai Owner Batik Trusmi, A. Nurhasim Hamada CEO PT Kekean Primanda Indonesia, Yunet Wahyuningsih Owner Yunet Exclusive Batik, serta pengurus dan anggota IPEMI di seluruh Indonesia.

(adt/csa)